RPP Bahasa Arab Kelas XII MA AL-MUKHLISIN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan : Madrasah
Aliyah
Al-Mukhlisin
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/ Semester : XII / Ganjil
Jam Pertemuan : 2 x 45 Menit (1
Pertemuan)
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD(
I.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
II. Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan
kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
baik
secara lisan maupun tertulis
3.4 Membuat analisis sederhana unsur kebahasaan, struktur
teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
yang sesuai dengan konteks penggunaannya
Tarkib lughawi:
الفعل المضارع المنصوب بأن ولن ولام التعليل؛الفعل المضارع المجزوم بلم ولا الناهية ولام الأمر؛ الفعل المبني للمجهول ونائب الفاعل
III. Indikator
Peserta didik
mampu:
§ Mencocokkan tulisan
dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat
dengan kata yang disediakan
· Menentukan
benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan tema dari wacana lisan
·
Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·
Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
IV. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengalami
proses belajar peserta didik dapat:
Menyampaikan
ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam teks yang didengar
V. Materi Pokok
الرحلات والثقافة الإسلامية
-
Struktur kata tentang Fiil Mudlorik
VI. Metode Pembelajaran
-
Menggunakan pendekatan scientific
VII. Sumber/ Media
Pembelajaran
-
Buku siswa dari Kemenag.
-
Buku Kamus Arab Indonesia
-
Buku Nahwu
-
Video
-
LCD
-
File-File Pembelajaran
VIII. Proses Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, kebersihan kelas posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada
peserta didik.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)
Memaparkan
illustrasi melalui media /alat peraga /alat bantu bisa berupa tulisan manual dipapan
tulis, kertas kartonatau slide.
6) Guru memberikan pengantar topik keterampilan kepada peserta
didik.
Kegiatan inti
a. Kosa kata
1) Guru meminta peserta didik mengamati kosa kata yang
dipaparkan.
2) Guru meminta peserta didik mengamati contoh pemakaian
kosa kata tersebut dalam kalimat.
3) Guru meminta peserta didik menanyakan kosa kata baru
yang belum diketahui maknanya.
4) Gurumemintapeserta didik menyelesaikan beberapa
latihan pemahaman makna kosa kata baru.
5) Peserta didik mengemukakan hasil latihan.
6) Gurumemberikanpenjelasantambahankembalidanpenguatanyangdikemukaan
peserta didik tentang hasil latihan.
b.
Mendengarkan
1) Guru meminta peserta didik memperhatikan contoh teks
dialog yang sedang dipaparkan guru melalui alat peraga/media.
2) Guru membaca teks dialog sedangkan peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan bacaan guru.
3) Guru meminta peserta didik membaca dengan suara keras
contoh teks dialog secara bersama-sama.
4) Peserta didik secara bersama-sama mengulangi membaca
contoh teks dialog.
5) Guru meminta peserta didik membaca contoh teks dialog
secara berkelompok.
6) Guru meminta perwakilan peserta didik membaca contoh
teks dialog secara berpasangan.
7) Guru melakukan dialog interaksi dengan peserta didik.
8) Guru meminta peserta didik menyelesaikan latihan
keterampilan berbicara.
c.
Strukur kalimat
1) Guru meminta peserta didik memperhatikan susunan
kalimat yang terdapat dalam contoh.
2) Guru meminta peserta didik membaca contoh secara
berulang-ulang.
3) Guru meminta peserta didik membuat catatan khusus
berkenaan dengan materi.
4) Guru membuka kesempatan kepada peserta didik
menyampaikan pendapat atau bertanya berkenaan dengan materi.
5) Guru meminta peserta didik menyelesaikan soal-soal
latihan.
6) Guru meminta peserta didik membuat rumusan materi dan
membuat contoh.
Kegiatan penutup
1)
Guru dan peserta didik membuat
simpulan pelajaran
2)
Guru memberi refleksi sederhana
terhadap kegiatan yang telah dilakukan
3)
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
4)
Guru menyampaikan rencara
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
5)
Guru memberi tugas individu untuk
dikerjakan dirumah
V. Penilaian
Guru melakukan penilaian pada:
a.
Keterampilan mendengarkan
Rubrik penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Total
Skor
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
|||||
Pelafalan
|
Kelancaran
|
Kosa kata
|
Struktur
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
Deskripsi
Aspek Penilaian
|
Deskripsi
|
Skor
|
Pelafalan
|
Mudah
dipahami dan memiliki aksen penutur asli
|
5
|
Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu
|
4
|
|
Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh
dan kadang-kadang ada kesalahpahaman
|
3
|
|
Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulangi
|
2
|
|
Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami
|
1
|
|
Kelancaran
|
Lancar seperti penutur asli
|
5
|
Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa
|
4
|
|
Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa
|
3
|
|
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
|
2
|
|
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi
|
1
|
|
Kosa
kata
|
Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli
|
5
|
Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat
|
4
|
|
Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi
terbatas karena keterbatasan kosa kata
|
3
|
|
Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga
sulit dipahami
|
2
|
|
Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
1
|
|
Struktur
|
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
|
5
|
Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi
makna
|
4
|
|
Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
|
3
|
|
Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata
ulang kalimat
|
2
|
|
Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami
|
1
|
|
Pemahaman
|
Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
|
5
|
Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu
|
4
|
|
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat
walau ada pengulangan
|
3
|
|
Susah mengikuti apa yang dikatakan.
|
2
|
|
Tidak
bisa memahami walaupun percakapan sederhana
|
1
|
VI. Tugas.
Format bentuk laporannya :
No.
|
Tanggal/ Hari
|
Tek Bahasa Arab yang pernah di baca selain
pelajaran dan Al-Qur’an
|
Paraf
orang tua
|
Paraf Guru
|
|||
Teks
|
Terjemah
|
Kaidah yang dapat ditemukan
|
Keterangan sumber teks
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
Dst
|
Skor penilaian sebagai berikut.
a. Jika
peserta didik dapat
mengumpulkan tugasnya tepat
pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati
serta alasannya benar, nilai 4,00
b. Jika peserta didik dapat mengumpulkan
tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya
benar, nilai 3,00
c.
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan,
nilai 2,00
Mengetahui, Bandung 12 Maret 2020 Orang Tua/Wali
Guru Mata Pelajaran
............................... ........................................
Comments
Post a Comment